Selamat datang di website Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan

GAMBARAN TUGAS

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

  • Mengelola kegiatan Unit Biro Administrasi dan Kemahasiswaan agar terwujud fungsi-fungsinya.
  • Mengelola kegiatan Unit Biro Administrasi dan Kemahasiswaan agar berbagai komponen didalamnya terpadu sebagai suatu sistem administrasi akademik dan kemahasiswaan
  • Menjalankan kerjasama dengan berbagai unit di lingkungan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan sehingga terwujud fungsi-fungsi dari Unit Biro Administrasi dan Kemahasiswaan.
  • Bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengkoordinasikan dan mengawasi kelancaran pekerjaan Bagian Akademik dan Bagian Kemahasiswaan
  • Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan yang ditempatkan di Unit Biro Administrasi dan Kemahasiswaan

Bagian akademik dan Kemahasiswaan

  • Mengelola kegiatan administrasi dari keseluruhan proses administrasi akademik
  • Mengembangkan dan menyediakan informasi bagi pengambilan keputusan manajerial terhadap berbagai hal yang menyangkut administrasi akademik
  • Mengembangkan sub sistem administrasi akademik dan perangkat penunjang dalam rangka mengembangkan sistem administrasi akademik sejalan dengan tuntutan perkembangan Institut.
  • Bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengkoordinasikan dan mengawasi kelancaran pekerjaan pelaksanaan sub bagian registrasi.
  • Memelihara dan mengamankan file data dan informasi yang menyangkut akademik
  • Menjalin kerjasama dengan komponen lain di lingkungan Unit Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan maupun Institut Pendidikan Tapanuli Selatan bagi terwujudnya efektifitas berbagai kegiatan akademik.
  • Menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja bagian akademik dan mempertanggungjawabkan perwujudannya kepada Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan.
  • Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan yang ditempatkan di Bagian Akademik
  • Membantu kegiatan di bidang akreditasi
  • Bertanggung jawab atas kelancaran administrasi registrasi dan administrasi mahasiswa
  • Memproses formulir registrasi mahasiswa menjadi :
  • Laporan jumlah mahasiswa yang registrasi (NPM)
  • Rekapitulasi semesteran mahasiswa
  • Menertibkan Kartu Mahasiswa (KTM)
    • Menyerahkan Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Mahasiswa (KTM) dan membagikan kalender akademik kepada mahasiswa
    • Menyelenggarakan proses administrasi antara lain :
  • Daftar kembali Mahasiswa Baru
  • Mengecek syarat dan pemberian Nomor Pokok Mahasiswa
  • Laporan jumlah mahasiswa baru yang registrasi
  • Administrasi mahasiswa pindahan
    • Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan Institut yang ditempatkan di pelaksana sub bagian Registrasi
    • Tugas lainnya yang berhubungan dengan registrasi

Bagian Nilai & Perkuliahan

  • Bertanggung jawab atas kelancaran administrasi nilai, transkrip dan memantau prosesing nilai
  • Memproses nilai mahasiswa
  • Menjamin keamanan dan kerahasiaan nilai
  • Memproses Kartu Rencana Studi (KRS)

Bagian Ijazah dan Alumni

  • Menyiapkan, menyimpan blanko-blanko surat keterangan, transkrip dan ijazah
  • Menyimpan salinan transkrip dan ijazah
  • Pengesahan transkrip
  • Menyediakan bahan informasi laporan wisuda sarjana
  • Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan Institut yang ditempatkan di Pelaksana sub Bagaian Nilai dan Ijazah utamanya
  • Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data alumni
  • Menginformasikan peluang kerja bagi alumni

Staff Teknis

Bertugas membantu semua tugas pokok dan pekerjaan dalam ruang lingkup BAAK dan mempertanggungjawabkan semua tugas dan pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya tersebut kepada Ka. BAAK